Tambahan Modal Usaha Tanpa Bunga Bank

Leaflet ini viral membuat otoritas tersentak. Tag line “Khan ada santara” menyentak otoritas. Dalam waktu 3 hari 2000 lebih aplikan proposal rencana bisnis masuk ke santara, semuanya kredit mikro. Ini mengagetkan otoritas dan mengagetkan bank.
gambar cnbcindonesia.com



Dunia kredit perbankan mengalami masa emasnya 50 tahun kemarin mendadak terhenyak. Setelah dunia banking merevolusi cepat 50 tahun terakhir agaknya mulai terganggu kedepanya. Dari bank 1.0 di tahun 1600 an bank pertama didunia di itali hingga bank 4.0 digital banking 5 tahun terakhir ini bank mengalami masa penurunan.

Terdistrupsi payment system ala alipay, ala go pay ala T cash. Sekarang terdisrupsi lagi oleh anak anak muda Indonesia.

Yang membuat bank mulai terusik adalah berpindahnya arus uang dengan “pay-pay”an. Kemudian sekarang masalah deposito. Dulu kita membuka uang di bank dengan nama “rekening” lalu di beri iming-iming bunga agar mau meletakan uang di bank. Katakan bunga 5% pertahun.

Lalu bank “mengkreditkan” uang tersebut di atas bunga tabungan atau deposito dengan nama bunga pinjaman. Misalnya kreditnya 10 % di berikan kepada pengusaha. Bank untung 5% memakai uang orang lain. catatan : ini salah satu indikator inflasi.

10% tadi dalam bisnis namanya “cost of fund”, biaya uang. Dimana pebisnis harus membuat keuntungan lebih besar lagi diatas “biaya-biaya, termasuk biaya uang”.

Disinilah distrupi baru tercipta. Bank akan kita target. NGAPAIN TARO BANYAK DUIT DI BANK? Bank akan kita buat berbeda game nya. Karena anda sebaiknya tidak perlu menabung di bank. Tetapi letakan direct di bidang usaha yang bagus dimana bagi hasilnya pasti lebih tinggi dari sekedar 5 % dan juga liquid karena bisa setiap saat keluar menggunakan bursa.

Token yang anda beli adalah virtual account. Hak anda penuh mau di tahan untuk deviden atau mau di lepas untuk “gain” nanti masuk lagi di tempat lain atau ketika harga rendah.

Kehadiran santara men-distrupsi bank.

2 yang distrupsi, satu deposito kedua bagian kredit. Santara menjadi platform bertemunya investasi dengan proyek.

Saya tidak heran otoritas menjadi tinggi tensinya karena bank-bank mulai teriak meminta perlindungan. Kemapanan kaum kapitalis yang bergajih tinggi, berkantor mewah, berfasilitas mahal menggunakan uang orang lain, sekarang di gugat. Di gugat oleh sekelompok anak muda Jogja yang berkantor di jajaran ruko dengan kekuatan anak-anak mahasiswa kerja seakan semaunya.

30% deposito berpindah direct langsung ke UKM maka nilainya adalah lebih dari 500 triliun rupiah dari seluruh nilai deposito di bank nasional bank pelat merah saja. Itulah target untuk membantu UKM terbang. Saat ini UKM tidak dilirik walaupun 60% ekonomi nasional dari para UKMer ini.

Tapi tidak akan mudah, kaum banker tidak akan ikhlas, mereka pasti membunuh kita. Pasti!!!

Mereka akan membuat “berrier to entry” cara masuk yang sulit di dunia mereka. Tetapi..kalau para netizen mendukung ide ini dengan terus menyuarakan persetujuan dan para UKM terus membanjiri sehingga ratusan ribu UKM berkonsolidasi maka kekuatan ini sangat di perhitungkan otoritas.

Kuncinya sekarang? Sahabat UKM yuk bergabung. Layangkan terus rencana bisnis anda, kita akan buat laman khusus untuk sahabat semua.
http://bit.ly/tabungandigital

UKM market place :
newyorkarto.com, 
ukmers.com, 
santarian.com

(mwp)

Comments