JANGAN BUAT UKM MENANGIS

80% angkatan kerja terserap oleh UKM dan 60 % pendapatan nasional adalah dari sektor UKM ini dari data BPS tahun 2016.

lalu sebuah lembaga melakukan survey lebih dalam tentang apa kendala terbesar dari UKM yang pertumbuhannya sudah sekian lama tidak tinggi karena hanya 5% pertumbuhan alias sejalan dengan pertumbuhan nasional.
gambar via sindonews


Padahal kalau di lihat dari margin keuntungan lebih dari 25% per UKM namun kendala hidup mati dari UKM di bawah 2 tahun sangat tinggi. Hanya 20% yang bertahan hingga tahun ke 5!.

Kita lihat hasil survey tersebut secara urutan masalah UKM :
1. Pendanaan
2. Manajemen
3. Peraturan pemerintah
4. Pemasaran
5. Akses dan distribusi
6. Kualitas produksi dan kontinuitas bahan baku

Pendanaan dan manajemen kita semua seakan akan tahu dan faham tentang masalah UKM namun peraturan pemerintah sebagai kendala no 3 ini menarik.

Bukannya harusnya peraturan itu memudahkan? KUR kredit untuk rakyat di anggap memberatkan misalnya, harusnya ada standar izin SNI lah, uji ini itu misalnya petani memproduksi pupuk organik. Harus ke departemen pertanian, uji meterial sehingga tidak punya merek dan tidak bergerak dalam bisnis seharusnya karena masalah izin. Lama mengurusnya.

Masalah tambang rakyat dimana sekitar 5 juta petambang rakyat tidak bisa bergerak banyak karena banyak aturan yang membatasi. Namun bagi pengusaha besar lincah sekali, karena punya modal dan seharusnya pemerintrah membantu rakyat menjadi penyuplai petambang besar.

Akhirnya petambang ini liar dan merusak lingkungan.

Aturan pemerintah itu menguntungkan pejabat dan orang kaya itu hanya menurut survey, ngak usah di percaya penuh kok. Namun saya percaya karena memang itu yang saya alami.

Jadi, kembali ke masalah utama membantu UKM itu gampang. Jangan kasih aturan yang ketat, bebaskan pasar UKM free trade dan fair trade. Kontrol pemerintah hanya di masalah “ barang ini tidak membunuh mahluk dan tidak merusak lingkungan”. Sisanya hajar saja. Biarkan bermain.

Termasuk sekarang masalah pendanaan dan masalah manajemen yang merupakan masalah utama, sudah bisa di selesaikan oleh UKM itu sendiri. Percaya deh.

Wahai pemerintah, kalau tidak bisa membuat bahagia pastikan anda tidak membuat UKM menangis.

Comments

  1. klo UKM jangan sampe nangis kasih kemudahan dong dalam pinjaman modal usaha untuk UKM jangan dipersulit dan banyak aturan gimana UKM mau maju sedangkan UKM itu kan program pemerintah dalam mengurangi pengangguran jadi kasih modal yang memadai biar maju...

    ReplyDelete

Post a Comment