BISNIS BEBAS RIBA ITU BERAT

BISNIS BEBAS RIBA ITU BERAT MEMBANGUNNYA --- NANTI JUGA DI JEGAL OTORITAS
Kalimat sinikal yang banyak masuk japri ke saya yang menganggap otoritas memang tidak pro bebas riba dan otoritas lebih pro kapitalis perbankan, tetapi kita tetap semangat walau badai menerjang. Saya coba berikan masukan sebagai seeding ke sahabat semua.
ukm
gambar via fb mwp

UKM market place adalah tempat para ukm bersilaturahmi ber anjang sana. Baik perusahaannya, produknya, pengelolanya termasuk pemilik UKM berkumpul, pelanggannya dan investornya di letakan dalam satu wadah terbuka berbasis blockchain.

Teknologi blockchain itu berlabel Santara Engine (SE). Santara Engine adalah operating systemnya. Androidnya UKM market place, IOS nya UKM market place.

Dengan system SE ini dimana sekumpulan pemuda jogja memulainya 2 tahun lalu dan di luncurkan 27 juli 2018 inilah dasar dari platform UKM tercipta.

Masalah ukm apapun menjadi terurai dengan operating system Santara Engine ini dan kita mulai dengan masalah klasik UKM yaitu pemodalan.

Secara bisnis maka pembagian usaha berdasar wilayah dan jenis usaha mulai santara bangun perlahan. Catatan, santara baru 3 bulan per 27 okotober ini, ekposure baru ke 1 juta orang, member baru 41.000 an hingga saat ini, UKM member terdaftar di semua marketplace mendekati angka 8.170.

Semua masih di tata secara teliti. Yang sudah terverifikasi hingga akhir tahun 2018 ini sekitar 200 an UKM dan terus tumbuh.

Ada 3 UKM market place saat ini yang berjalan dengan mengikuti aturan yang berlaku yaitu newyorkarto.com, ukmers.com, santarian.com. membagi secara wilayah, newyorkarto secara umum wilayahnya jogja dan nasional, santarian fokus wilayahnya jawatengah jawatimur, Ukmers untuk banten, DKI, jabar.

Ini wilayah kerja awal, daerah lain segera menyusul. Di tambah lagi satu menyusul UKM marketplace menarget pebisnis muslim.

UKM marketplace basis bisnisnya bebas riba. Memang belum berlabel secara lembaga nasional karena memang tidak cepat namun bisa di lihat langkah kita ini sebagai awal usaha membangun ekonomi bersama. 


(facebook mwp)

Comments